cover
Contact Name
Yuli Adhani
Contact Email
yuliadhani@ung.ac.id
Phone
+6285394300094
Journal Mail Official
jacedufisung@gmail.com
Editorial Address
Jend. Sudirman No.6, Dulalowo Tim., Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal Civic Education
ISSN : 28082249     EISSN : 27984818     DOI : https://doi.org/10.37905/jacedu.v2i1.14503
Jambura Journal Civic Education (jacedu, E-ISSN 2798-4818 and P-ISSN 2808-2249) is a peer-reviewed journal published by Civic Education Study Program, Faculty Social Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Jacedu provides open access to the principle that research published in this journal is freely available to the public to support the exchange of knowledge globally. Jacedu published two issue articles per year namely July and December. Jacedu provides a place for academics, researchers, and practitioners to publish social sciences articles. Each text sent to the JACEDU editor is reviewed by peer review. Starting from Vol. 1 No. 1 (July, 2021), all manuscripts sent to the Jacedu editor are accepted in Bahasa Indonesia or English. The scope of the articles listed in this journal relates to various topics, including: 1. Pancasila education 2. civic education 3. character building 4. socio-cultural 5. Politic, law and government
Articles 5 Documents
Search results for , issue "VOL 1. NO.2 DESEMBER 2021" : 5 Documents clear
PENGELOLAAN BUMDES DALAM MENINGKATKAN KESEJATERAAN MASYARAKAT DESA HUYULA, KECAMATAN RANDANGAN, KABUPATEN POHUWATO, PROVINSI GORONTALO Sastro Wantu; Udin Hamim; Zulfika Adjie; Ramli Mahmud
Jambura Journal Civic Education VOL 1. NO.2 DESEMBER 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.272 KB) | DOI: 10.37905/jacedu.v1i2.12804

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pegelolaan bumdes dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat desa Huyula, Kematan, Randangan, Kabupaten. Pohuwato. Provinsi Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan BUMDes dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat serta apa saja faktor penyebab rendahnya pengelolaan BUMDes dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskritif dalam bentuk kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana pengelolaan BUMDes dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat. Dalam pengelolaan BUMDes di Desa Huyula ini baik dari pemerintah desa, pengelola BUMDes dan masyarakat desa masih kurang bekerja sama dengan baik, hal tersebut terlihat dari belum adanya kesesuaian pengelolaan BUMDes sehingga pembentukan program BUMDes tidak berjalan dengan baik, yang berimbas pada tujuan BUMDes dalam mensejaterakan masyarakat desa belum optimal. Adapun faktor penyebab rendahnya pengelolaan BUMDes dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat, yaitu terletak pada sumber daya manusia, usaha serta kerjasama yang masih kurang antara pemerintah desa, pengelola BUMDes serta masyarakat desa, sehingganya pembentukan program BUMDes belum berjalan sesuai dengan yang di harapkan dalam mensejaterahkan masyarakat desa.
NILAI-NILAI DEMOKRASI SEBAGAI LANDASAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA Rina Marlina
Jambura Journal Civic Education VOL 1. NO.2 DESEMBER 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.411 KB) | DOI: 10.37905/jacedu.v1i2.12802

Abstract

Perkembangan dan peningkatan pemahaman akan urgensi demokrasi, telah membawa demokrasi sebagai salah satu isu yang tak henti diperbincangkan. Hal tersebut merupakan implikasi dari pandangan bahwa demokrasi dianggap sebagai model pemerintahan yang paling baik dan dapat membawa negara menuju kesetaraan dan kesejahteraan. Tujuan penelitian ini mengkaji dan menganalisis aktivitas organisasi kemahasiswaan dalam memperkuat nilai-nilai demokrasi sebagai landasan berpikir kritis mahasiswa. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode grounded theory karena penilitian diharapkan dapat menemukan konsep, pendekatan atau teori baru yang berangkat dari temuan selama penelitian dilakukan. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan terhadap beberapa narasumber, peneliti menemukan informasi kaitannya dengan aktivitas organisasi kemahasiswaan dalam memperkuat nilai-nilai demokrasi. Sebelum dibahas mengenai aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, perlu ditemukenali terlebih dahulu kompetensi apa saja yang harus dimiliki mahasiswa
PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANGGULANGI MASALAH KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 BOKAT KACAMATAN BOKAT KABUPATEN BUOL SULAWESI TENGAH Sartika U Agel; Zulaecha Ngiu; Rasid Yunus; Yuli Adhani
Jambura Journal Civic Education VOL 1. NO.2 DESEMBER 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.592 KB) | DOI: 10.37905/jacedu.v1i2.12799

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja di Sekolah SMA negeri 1 Bokat Kecamatan Bokat kabupaten Buol dan Untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang Melatar Belakangi Masalah kenakalan Remaja di Sekolah SMA Negeri 1 Bokat Kecamatan Bokat Kabupaten. Penelitian ini menggunakan metode Pendekatan Kualitatif yaitu dengan mendekripsikan data penelitian dalam bentuk kalimat-kalimat berupa keterangan dan pernyataan-pernyataan dari informan sesuai dengan realita dilapangan. Buol melalui hasil observasi, wawancara dan dokmentasi. Hasil penelitian ini menunjuk bagaimana Peran guru PPKn dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja di Sekolah SMA Negeri 1 Bokat, Guru PPKn sudah melakukan perannya bahwa sebagai pembimbing dalam kegiatan belajar mengajar sangat di perlukan, selain melaksanakan tugas mengajar, mendidik perilaku peserta didik supaya tidak melakukan kenakalan atau tingkah lakunya melanggar norma di sekolah serta peraturan-peraturan tata tertib yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. Adapun faktor-faktor yang melatar belakangi masalah kenakalan remaja di sekolah SMA N 1 Bokat yaitu adalah a) Lingkungan masyarakat yang negatif; b) Broken home; c) Pergaulan teman sebaya; d) Kurangnya perhatian orang tua. Dari keempat faktor tersebut yang mempengaruhi perilaku remaja dalam lingkungan sekolah dan luar sekolah.
PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MELALUI DANA DESA (DI DESA BUBE, KECAMATAN SUWAWA, KABUPATEN BONE BOLANGO, PROVINSI GORONTALO) Lucyane Djafar; Roni Lukum; Sukarman Kamuli; Asmun wantu
Jambura Journal Civic Education VOL 1. NO.2 DESEMBER 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.847 KB) | DOI: 10.37905/jacedu.v1i2.12808

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah desa dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Desa Bube, apa saja faktor penyebab kurangnya pemberdayaan masyarakat desa Bube serta bagaimana upaya pemerintah desa untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa Bube. Penelitian ini menggunakan imetode kualitatif, Melalui pendekatan ini, peneliti mendeskripsikan data temuan penelitian dari informasi sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana peran pemerintah desa dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa, pemerintah desa Bube telah melakukan perannya dengan cukup baik terutama peran pemerintah desa sebagai fasilitator, motivator dan inovator sudah cukup baik terutama pada pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat. Adapun Faktor penyebab kurangnya pemberdayaan masyarakat desa, yaitu dapat dilihat dari kondisi penduduk dan partisipasi masyarakat yang menyebabkan kurangnya pemberdayaan masyarakat di Desa Bube serta upaya-upaya yang dilakukan pemerintah desa dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa, yaitu dengan memberikan akses, partisipasi, kontrol juga manfaat yang baik kepada masyarakati desa Bube
Terbentuknya Low Trust Society Usia Dewasa: Dalam Lingkungan Sosial Masyarakat Ilma Vitaloka Ginardi; Vira Larasati; Anggie Kusumaningrum; Yoga Prasetyo
Jambura Journal Civic Education VOL 1. NO.2 DESEMBER 2021
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.384 KB) | DOI: 10.37905/jacedu.v1i2.12153

Abstract

Orang dewasa cenderung memiliki banyak karakter karena dalam hidupnya sudah banyak memiliki pengalaman. Tetapi, terbentuknya karakter orang dewasa itu secara formal maupun nonformal selalu terbentuk dilingkungan masyarakat. Terutama pada karakter Low Trust Society yang umumnya orang dewasa miliki, sehingga diperlukan adanya penelitian untuk mengetahui terjadi karena rendahnya kepercayaan. Low Trust Society ini terbentuk karena adanya beberapa faktor yaitu korupsi, kolusi dan nepotisme yang merajalela telah menjadikan kita sebagai bangsa yang memiliki rendahnya rasa saling percaya kepada sesama. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam artikel ini, penulis ingin membahas mengenai terbentuknya Low Trust Society pada orang dewasa dilingkungan sosial masyarakatnya. Berdasarkan fenomena tersebut terbentuknya karakter orang dewasa terjadi karna adanya wabah korupsi, kolusi dan nepotisme pada lingkungan sosial masyarakatnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5